jump to navigation

Membuka door trim 28 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
Tags: , , , ,
9 comments

Buka door trim livina gampang2 susah. kalo belom tau ya susah, ati2 gampang patah penutup handlenya. kalo udah tau ya gampang 🙂 .

dibawah ini adalah contoh cara membuka door trim kanan depan. pertama2 yang harus dilakukan adalah membuka tutup handle pintu.ini adalah bagian tersulit. karena cantolan tutup gampang patah. congkel dari arah dalam keluar. congkel pake obeng minus tipis yang dilapisi rag atau kain majun, ato kain apa deh. tp jgn tissue krn gampang robek. pertama congkel ke arah kita yg atas (fig 1), yang samping (fig 2),  yang bawah (fig 3). hati2 n pelan2 supaya gak patah cantolannya.

fig 1. congkel bagian atas ke arah kita

fig 2. congkel bagian samping ke arah kita

fig 3. congkel bagian bawah ke arah kita

fig 4. tampak belakang penutup handle

kedua, congkel tutup baut di tempat tarikan pintu (fig 5). terus buka deh bautnya (fig 6).

buka tutup screw

fig 5. buka tutup screw

buka screw

fig 6. buka sekrupnya

kemudian tarik ke atas, mulai dari tarikan pintu. ati2 ngangkatnya jangan sampe ngebaret plastik door trimnya (fig 7).

tarik pegangan

fig 7. tarik pegangan ke atas. harus dimulai dari belakang karena di depan ada pengaitnya. ati2 jangan ngebaret plastik trim di sebelah kanannya.

abis itu, cabut socket power window sama door locknya dengan menekan locknya (sori lupa dipoto 🙂 ).

abis itu buka tutup hitam dibelakang spion. tarik ke arah kita secara perlahan tapi pasti (fig 8).

fig 8. tarik penutup hitam dibelakang spion ke arah kita. do it soflty n gently 🙂

abis itu buka deh door trimnya. tarik ujung2nya ke arah kita mulai dari bawah lalu ke samping2 (fig 9). setelah lock2 nya pada lepas, angkat bagian bawahnya dan dorong ke atas. beres deh, door trim terlepas. simpan trim ditempat aman dalam posisi tegak supaya gak baret.

fig 9. tarik lock2 door trimnya mulai dari bawah lalu ke samping kiri dan kanan, lalu tarik ke atas.

opened door trim

Pintu yang telah terlepas dari door trimnya

Advertisements

Melepas Laci Livina 26 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
Tags: , , , , ,
add a comment

Buat yang mau ngelepas laci livina,untuk berbagai keperluan seperti masang kabel buat audio, atau mau masang laci tambahan di tempat airbag yang tidak terpakai, caranya gampang bgt. Cukup lepas 6 baut ( 4 di atas dan 2 di bawah) pake obeng plus/phillips.

buka laci

buka laci, lalu buka empat baut di bagian atas, lalu dua di bawah

buka baut kiri bawah

buka baut kiri bawah

buka baut kanan bawah

buka baut kanan bawah

tarik

tarik laci

laci

laci yang terlepas

Laci custom untuk menambah storage livina banyak dijual dipasaran. ada yang bertutup (kisaran rp 400.000, rapi n sewarna, pengen beli tp mahal yah. nabung dulu) dan ada yang model tidak bertutup. kira2 seperti foto dibawah kalo mau ngelepas tutup tempat airbag. gak susah koq.

tampak bawah, dalam dashboard

tampak bawah, dalam dashboard. buat gambaran kalo mau bongkar2 tempat airbag buat laci tambahan

Under the hood 19 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
2 comments

di bawah engine hoodnya grand livina 1.5XV 09, hmm..

nothing special sepertinya..

blm ada peredam panas di bawah kapnya. minim conduit buat kabel lampunya. ngirit bgt yah.. and yang terpenting, waktu serah terima kendaraan, mas-masnya bilang, “mas, kalo gak urgent sekali, mesinnya jangan di cuci semprot yah,  terutama di daerah situ karena itu elektroniknya (sambil menunjuk kearah samping kanan, antara air filter dengan shock breaker)”. pas gw liat apaan, woalah.. ternyata banyak socket2 yang, koq designnya ngadep ke atas. bener2 bisa nampung air kalo disemprot, n bisa konslet semua. itu apaan sih? ECU ya? tp yang penting kudu harus wajib ditutup biar aman dari air.

exposed socket

socket2 yang terbuka rawan menyimpan air

zoomed exposed socket

Saatnya si karpet item dari gudang beraksi kembali. setelah diukur2 dan dipotong2, jadilah seperti ini..

pola karet penutup

Hasil potongan karet setelah diukur2 sana sini

ukuran karet. buat yg mau iseng2 bikin. (klik untuk memperbesar)

karpet setelah dirangkai

karpet dirangkai dengan menggunakan tie wrap a.k.a cable tie.

installed cover

installed cover

penutup karetnya jangan lupa di secured supaya gak lepas, dengan cable tie ke lubang baut yg nganggur di sebelah kanannya. sekarang socket2nya udah aman terlindung dari semprotan air deh.

ciuman pertama 17 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
1 comment so far

huwaaaa… si ipin baru berumur dua menit udah ciuman. dicium sama motor genit. lipstiknya putihnya ampe nempel di bemper, sebagian malah ngelupas. hix..

tetapi dengan prinsip orang jawa.. untung cuma bemper blkg,  untung dipoles bisa ilang, n untung warna dasar plastik bempernya item, jadi ga terlalu kliatan deh 🙂 cheers.. ada untungnya juga mobilnya item.

bemper lecet

Iseng-iseng 14 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
Tags: , , , ,
2 comments

tiba saatnya test drivenya ni ipin. overall, handlingnya enak, suspensi lumayan empuk, suaranya juga kedap. matiknya? hmm.. gmn yah? menurut gw kurang sip. baru setengah injek udah keburu kick down duluan. jadi kalo tadinya pengen ngebut nanggung buat nyalip angkot, eh malah narik n ngebut bgt. fiuh.. untung gak nubruk nenek2. tapi mgkn krn belum biasa aj yah. trus.. AC nya, seperti kebanyakan orang2 komplain tentang grand livina, dingin bgt! nyala no 1 aja udah kenceng bgt, kyk no 2 di mobil2 lain. mungkin biar semburan ACnya nyampe ke belakang. alhasil kalo masih pagi ato malem harus matiin ac klo udah kedinginan, walaupun termostat udah paling kecil. kurangnya lagi, si ipin minim sama storage. jadi bingung kalo mo nyimpen duit receh sama duit toll. lalu kursi supir gak bisa naik turun, sama seatbelt gak bisa naik turun. cuma setir aj yg bisa naik turun a.k.a tilt steering. kalo bini gw betenya di sun visor, kagak ada vanity mirrornya. jadi kgk bisa ngaca dah. mesti masuk proyek pengadaan nih.

saatnya isi bensin. dari 1/4 tangki diisi 100rb, cuma naik 1/2 lebih dikit. gede juga nih tangki ipin. pengen full tank ga punya duit :p. selanjutnya jalan2 pulang pergi kantor buat ngitung kasar konsumsi BBM si ipin. tar klo dah ada hasilnya tak laporin.

trus.. trus.. pas lagi enak2 nyetir, disaliplah sama nissan latio. hmm.. keren juga. timbul ide, bisa ditiru nih tampilan depannya. FYI, buat yg blm tau nissan latio tuh kyk apa, bisa diliat dibawah.

nissan latio

nissan latio bersama mbak2

duh, gak terlalu kliatan yah tampak mukanya gara2 ketutupan sama mbak2nya. ini deh gw upload lg :D.

nissan-latio-front

nissan-latio-front

grillnya dipakein list chrome atas sama bawah. bisa ditiru deh dengan ngecat item grill depan ipin, trus dipasangin list chrome meteran. setelah dipikir2, sayang ah ngecet item grill depan ipin, lagian mahal ngecetnya. kalo pake cet kaleng, kyknya bakal gmpg ngelotok. kalo ganti pake grill ultimate, kagak ada duit. lagian udah pasaran :p . jadi dibiarkan abu2 seperti apa adanya aj.

list chrome add on

list chrome add on

kira2 kyk gini deh tampilannya setelah ditempelin list chrome 12mm. tapi double tapenya kudu diganti 3M biar rapet. kalo kagak, dipake nyuci sekali dijamin kagak selamet dah tuh krom. trus tambahin ring fog lamp chrome bikin jadi dangdut kagak siy? ah udah ah biarin pasang aj, dah terlanjur kebeli 🙂 . tadinya sih niatnya biar mirip2 sama abangnya, nissan elgrand :p . pengen beli foglampnya kgk punya duiiiiit… hehehehe.. . sama handle pintu dilapis chrome biar cakep kyk yg 1.8L. pengen ganti handel yg chrome 300rb satu set, kemahalan. mending cari yg kondom aj merk j/s/l, rapi n ngeplak dipasangnya.

elgrand

nissan elgrand

bersambung…

Melapisi foot rest 14 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
Tags: , ,
add a comment
footrest standard

footrest standard tanpa pelindung. kalo kena tanah atau kotoran lumayan repot bersihinnya

Ruang kaki si grand livina lumayan luas n nyaman. dan udah dilengkapi dengan foot rest. tapi sayangnya footrestnya gak ditutupi plastik atau alas karet n juga gak terlindungi sama si karpet. jadinya kalo sendal abis nginjek tanah becek, bisa berabe, soalnya karpet dasarnya warna mocca n gampang bgt kotor.

Nah, biar gak kotor mending aye tutup aje. kebetulan aye punya karpet karet kotak nganggur di gudang. tinggal dipotong deh, ukuran 8 x 21 cm. trus bagian belakangnya di kasi aica aibon n ditempel double tape. pake double tape supaya masih bisa dicabut kalo pgn distandarin lg. pake aica aibon supaya double tapenya bisa lengket ke karpet karet tadi :p.

karet penutup

potong karpet karet atau karpet apapun ukuran 8x21 cm

tapi ternyata dasar ni karpet murahan, begitu kena aibon ni karpet melengkung kena solventnya. terpaksa dipress dulu deh pake galon aqua sambil nunggu kering.

setelah kering, tinggal kletek double tapenya, trus tempel deh di footrest si ipin. karpet dasar pun aman dari kotoran dari sendal jepit. fiuh..

penutup footrest

footrest setelah ditutup karet

Si Ipin datang 14 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
Tags:
1 comment so far
Standard GL 1.5XV

GL yg masih cupu

Si ipin a.k.a Grand Livina 1.5 XV AT 09 untuk menggantikan kedudukan si Avanza G akhirnya dateng juga. thanks to mbak shinta. lho? siapa tuh mbak shinta? (FYI: mbak shinta itu mbak2 SPG yg ngejual ni ipin ke kita, mo tau fesbuknya? gw juga pengen 🙂 ).

tapi koq, setelah diliat2, ni mobil std bgt ya? sama bgt sama mobil kebanyakan. gatel bgt pgn ngutak-ngatik ni mainan baru, biar beda sama punya orang2. hihihi… 😀

nantikan series dari modifikasi si ipin di post gw slanjutnya.. 🙂 atau kalo ada ide n saran, silahkan disumbangkan..

Good Bye Anca 14 December 2009

Posted by kaputre in Project Ipin.
add a comment

Setelah memikirkan dan menimbang2 semalaman suntuk, akhirnya kita (gw n bini) memutuskan untuk nyekolahin si Avanza G item lahiran taun 2004. gara2nya ni, pertama si avanzanya manual. bini sering bgt ngomel2 kalo nyetir ni mobil abis pulang kuliah n praktek, membelah kemacetan jakarta yg makin lama makin parah aj. kedua, ni mobil agak ajrut2an, apalagi klo duduk di belakang (no offense yah buat pemakai avanza, hanya opini pribadi, tak ada maksud apa2 🙂 ).ketiga, ni avanza dah tangan kedua, n pajeknya dah mo mati, ktp yg punya juga dah ga tau kemana. alhasil harus dibalik nama. so.. ya udahlah jual aj, pajak yg mo abis dijadikan kambing hitam momen yg tepat :p.

mulailah gw taro ni boil di kaskus fjb. baru aja spuluh menit gw post. langsung telepon bejibun masuk. tiap 20 menit ada aj yg nelp. sampe jam 11 malem, sampe 3 hari beturut. buju buset… jd kgk bisa ngapa2in. alhasil perjuangan yg melelahkan, terjualah si anca. horee.. :), walaupun dengan harga dibawah harga pasar :(, secara tu anca km nya baru 36.000. mulus bgt dah. btw, tengkyu kaskus..

Sedih bgt pas ngeliat ni mobil ninggalin pager dibawa sang empunya yg baru, sedihnya sama lah kyk ditinggalin kawin ama anak ce satu2nya. hix.. :(. Selamat tinggal anca, terima kasih atas jasa2mu mengantarkan bini menjadi seorang dokter gigi..

anca

in memoriam.. our luvly anca.