jump to navigation

Speedometer Grand Livina 18 March 2010

Posted by kaputre in Project Ipin.
Tags: , , , , ,
6 comments

Dari laporan beberapa orang, dikatakan bahwa speedometer grand livina agak kurang akurat. nah untuk membuktikannya, gue pengen coba tes pake gps, antara grand livina dengan honda jazz gd3 yang selama ini selalu cocok kecepatan antara speedometer dengan speed di gps. kedua mobil sama2 make ban standar pabrik. memang akurasi dari GPS nggak 100% akurat. tapi tetap bisa dipercaya dan bisalah dipakai sebagai acuan 🙂 . pengujiannya dilakukan dari mulai 0 km/h sampai 120 km/h. dan data diambil setelah kondisi steady sekitar 5 detik untuk setiap kecepatan. berikut hasil screenshotnya:

Jazz GD3, jarum speedo agak tergeser sedikit karena kesalahan paralaks sudut penglihatan. untuk lebih akurat, lihat bayangan jarum speedo pada speedometer. (klik gambar untuk memperbesar):

@ ~20 km/h

@ ~50 km/h

@ ~60 km/h

@ ~80km/h

@ ~90 km/h

@ ~100 km/h

@ ~120 km/h

ini pada speedometer Grand Livina:

@ 0 km/h

@ ~20 km/h

@ ~50 km/h

@ ~85 km/h

@ ~100 km/h

@ ~110 km/h

@ ~ 120 km/h

@ ~125 km/h

hasilnya.. bisa diliat. speedo livina mulai kurang akurat di 80 km/h keatas, dimana bacaannya lebih cepat dibanding gps. mungkin ya maksudnya baik, biar ga pada ngebut2 :p.

kekurangannya kalo sering jalan diatas 80km/h, odometer akan berputar lebih cepat dari semestinya, brati servicenya akan lebih cepat juga. tapi gak banyaklah.

tapi dari mesinnya sendiri, di tol dalam kota emang enak dibawa ngebut  koq, apalagi mulai kickdownnya dari kecepatan rendah (punya gw matic, belum pernah coba yang manual 🙂 ).

Advertisements